Home » » Apapun Pekerjaannya, Tetap ber-mindset Wirausaha

Apapun Pekerjaannya, Tetap ber-mindset Wirausaha

Written By Info unpad on Senin, 07 April 2014 | 20.08

Ilustrasi. (Foto: Reuters).Ilustrasi. (Foto: Reuters).JAKARTA - Lulusan perguruan tinggi tidak boleh hanya berorientasi mencari pekerjaan. Mereka hendaknya berpikir untuk mandiri dan menghadirkan kesempatan kerja bagi orang lain.

Membangun mindset tersebut, Himpunan Mahasiswa Teknik SistemPerkapalan (Himasiskal) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)Surabaya pun menggelar Seminar Technopreneur, akhir pekan lalu. Dosen Jurusan D-3 Teknik Kimia ITS yang juga seorang entepreneur, yakni Ahmad Ferdiansyah pun didapuk sebagai narasumber.


Dalam kesempatan tersebut, Ferdi -begitu panggilan akrabnya- menyatakan, setiap orang harus memiliki jiwa enterpreneurDiamenyebut, kewirausahaan bukanlah sebuah pekerjaan tapi merupakan sifat yang harus dikembangkan.

"Jiwa enterpreneurship bisa berupa rasa tanggung jawab, ramah, sopan, dan berani menanggung risiko. Apapun pekerjaan kita, kita pasti membutuhkan sifat enterpreneurship," ungkap Ferdi, seperti dinukil dariITS Online, Selasa (8/4/2014).

Ferdi berpendapat, sifat kewirausahaan telah menjadi salah satu faktorpenting jika seseorang ingin meraih kesuksesan. "Sifat enterpreneursudah ada pada diri kita, tinggal bagaimana kita melatihnya," paparnya.

Satu-satunya cara untuk mengasah jiwa tersebut, kata Ferdi, adalah dengan berjual atau berdagang. Hal itu akan memaksa seseorang untuk berkomunikasi dan bernegoisasi. Dengan demikian, jiwa enterpreneurakan terlatih dengan baik.

"Dalam berbisnis, seseorang harus menampilkan sesuatu hal yang beda dengan yang lain. Jadilah yang pertama, terbaik dan berbeda. Jadilah yang spesial di lingkungan Anda sehingga akan mudah diingat oleh orang lain," imbuh Ferdi.

Jika kita cenderung menghindari kesulitan, Ferdi justru menganjurkan agar para mahasiswa untuk selalu membuat diri dalam kondisi tertekan. Menurut Ferdi, kondisi tersebut akan memacu pebisnis untuk semakin kreatif.

"Semakin tertekan, maka kita akan semakin sukses. Karena kita akan berusaha semaksimal mungkin," ujar alumni Jurusan teknik kimia ITS itu.

Tak hanya itu, Ferdi menyatakan, pebisnis juga harus bisa melakukan pemasaran dan melayani pelanggan dengan baik. Dan yang paling penting, seorang pebisnis juga harus mau bekerja keras untuk mencapai kesuksesannya. "Tak ada orang yang langsung sukses dalam bisnis, karenanya dibutuhkan kerja keras," tutup Ferdi. (ade)
Share this article :

Posting Komentar

Test midle sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. @INFO_UNPAD - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger